Pages

Saturday, February 26, 2011

chapter 2 instructional technology and media for learning


1.     Persentasi
ª     Kelebihan :
a.     Sekali menampilkan : hanya dengan menampilkan presentasi sekali saja, satu untuk semua untuk didengar semua siswa.
b.     Strategi pencatatan : setiap siswa memiliki cara pencatatan yang berbeda untuk menangkap informasi dari materi presentasi.
c.      Presentasi siswa : siswa dapat mempresentasikan informasi yang telah mereka pelajari di depan kelas.
ª     Kelemahan :
a.     Kesulitan bagi beberapa siswa : tidak semua siswa dapat merespon dengan baik pada format presentasi untuk belajar.
b.     Kemungkinan kebosanan : tanpa interaksi, presentasi akan dapat membosankan.
c.      Kesulitan pencatatan : siswa mungkin tidak tahu bagaimana untuk mencatat informasi secara efektif.
d.     Ketepatan usia : siswa dengan usia muda mingkin akan sulit untuk duduk berlama-lama untuk presentasi yang panjang.
2.     Demonstrasi
ª     Kelebihan :
a.     Melihat sebelum mengerjakan : akan lebih baik melihat sesuatu dilakukan, sebelum mereka harus mengerjakan.
b.     Pembimbing tugas : guru dapat membimbing kelompok belajar untuk menyelesaikan tugas.
c.      Perlengkapan yang ekonomis : karena tidak semua siswa yang akan mempraktekkan menggunakan perlengkapan (hanya demonstrator)
d.     Keamanan : demonstrasi memungkinkan guru mengontrol kemungkinan bahaya kepada siswa saat menggunakan benda tajam dan mesin berbahaya.
ª     Kelemahan :
a.     Tidak turun tangan : tidak semua siswa ikut turun tangan dalam melaksanakan demonsrasi walaupun mereka mengikuti mengikuti proses yang didemonstrasikan oleh gurunya.
b.     Sudut pandang  yang terbatas : setiap siswa mungkin tidak memiliki kesamaan sudut pandang (persepsi) dari pendemonstrasian, sehingga beberapa siswa kehilangan beberapa aspek pengalaman.
c.      Pacing issue  : kemingkinan tidak semua siswa akan dapat mengikuti demonstrasi ketika hanya ada satu langkah yang digunakan.
3.     Drill- and- practice
ª     Kelebihan :
a.     Umpan balik yang benar : siswa menerima balikan yang benar sesuai dengan respon mereka (jawaban yang benar setelah mereka mengerjakan sesuatu).
b.     Potongan informasi : informasi disampaikan dalam potongan kecil (bagian per bagian), sehingga memberikan siswa kesempatan untuk mengulang sedikit demi sedikit.
c.      Membangun latihan : praktek dalam sebagian perbagian informasi, memberikan kesempatan siswa dengan segera untuk mencoba pengetahuan baru.
ª     Kelemahan :
a.     Berulang : tidak semua  siswa memiliki kesamaan respon yang baik untuk pengulangan dari drill and practice.
b.     Memungkinkan timbulnya kebosanan : latihan berulang-ulang dengan banyak item, yang mana akan dimaknai siswa terlalu membosankan dengan banyaknya perulangan latihan.
c.      Potensi belajar : jika siswa melakukan kesalahan dalam melakukan pengulangan latihan, keberlanjutan drill and practice tidak akan membantu siswa dalam belajar.
4.     Tutorial
ª     Kelebihan :
a.     Kemandirian dalam bekerja : siswa dapat bekerja dengan mandiri dalam menerima informasi baru dan menerima umpan balik dari kemajuannya.
b.     Langkah tersendiri : sisw dapat bekerja dalam langkah mereka sendiri, mengulang pelajaran  jika mereka membutuhkan untuk me-review hal tersebut sebelum berpindah ke sesi berikutnya.
c.      Individualisasi : komputer program yang berbasis tutorial dapat merespon siswa secara langsung untuk topic yang baru atau untuk meneruskan belajar atau untuk memudahkan untuk di-review.
ª     Kelemahan :
a.     Memungkinkan kebosanan : pengulangan dapat menimbulkan kebosanan jika materi pembelajaran disajikan hanya dalam satu model.

0 komentar:

Post a Comment