Pages

Sunday, December 30, 2012

Model dan Strategi Pembelajaran untuk Online Learning??


   Tidak ada satupun model/strategi pembelajaran e-Learning yang cocok untuk semua jenis instansi penyelenggaran pembelajaran berbasis elearning. Oleh karena itu, untuk menciptakan suatu strategi maupun model yang terbaik dalam pengembangan elearning, pertama-tama perlu dilakukan analisis kebutuhan serta karakteristik peserta didik. Hasil analisis kebutuhan dan karakteristik tersebut, merupakan dasar pijakan dalam mendesain dan mengembangan program pembelajaran elearning yang efektif. Model pembelajaran pedagogis konstruktivistik dirasa merupakan model yang tepat untuk diterapkan pada pembelajaran e-learning, karena paradigma pembelajaran yang ada sekarang sudah mulai bergeser dari kegiatan ‘mengajar’ menjadi kegiatan ‘membangun pengetahuan’.
Selain itu, titik poin dari e-learning adalah adanya kemandirian peserta didik untuk belajar, hal ini sejalan dengan prinsip konstruktivistik, yakni peserta didik bebas membangun pengalaman maupun pengetahuannya sendiri.
Model pedagogis konstruktivitsik tersebut, dapat dikolaborasikan dengan berbagai stategi pembelajaran. Beberapa strategi pembelajaran yang perlu dipertimbangkan untuk diterapkan dalam pengembangan program pembelajaran e-learning/online, antara lain: interaksi (interaction), kolaborasi (collaboration), konstrutivisme (constructivism), eksplorasi, proyek online (online project), belajar berbasis masalah dan studi kasus, belajar dengan pengaturan sendiri, pertanyaan dan diskusi, simulasi (simulation), dan penilaian (assessment). Jika dikaitkan dengan pembelajaran jarak jauh (online learning), perancang pembelajar harus memikirkan aspek-aspek berikut untuk direalisasikan melalui strategi pembelajaran yang konstruktivistik, aspek-aspek tersebut yaitu :
1. Siswa diberi kesempatan untuk melakukan aktivitas seperti menerapkan informasi pada situasi riil, memfasilitasi penafsiran personal terhadap materi ajar, mendiskusikan topik-topik dalam kelompok.
2.  Untuk mendorong peserta didik membangun pengetahuan mereka sendiri, pendidik harus memberikan pembelajaran online yang interaktif. Peserta didik harus mempunyai inisiatif untuk belajar dan berinteraksi dengan peserta didik yang lainnya.
3. Sebaiknya digunakan strategi pembelajaran kolaboratif. Dengan berkolaborasi bersama peserta didik lain, dapat memberikan pengalaman riil dan memperbaiki ketrampilan metakognisi mereka.
4. Peserta didik sebaiknya diberi waktu untuk merefleksikan materi ajar. Pertanyaan pada materi ajar dapat digunakan untuk meningkatkan refleksi. Belajar sebaiknya dibuat bermakna dan ilustratif dengan cara memberikan contoh-contoh dan studi kasus. Disamping itu, aktivitas belajar sebaiknya mendorong siswa untuk menerapkan materi ajar.
5. Ketika belajar memfokuskan pada pengembangan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang baru, e-learning disarankan memberikan aktivitas sosial maupun interaksi dengan siswa lain, belajar berbasis konteks, penilaian kinerja untuk mengatasi masalah.

Sehingga dapat saya simpulkan bahwa :
Aspek-aspek tersebut merupakan faktor yang perlu diperhatikan, untuk dapat mengembangakan online/e-learning yang efeltif dan efisien. E-learning dapat dikatakan terbaik dan sukses apabila dengan adanya e-learning tersebut dapat memenuhi segala kebutuhan peserta didik untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman, serta ketrampilannya. Pengetahuan yang dibangun sendiri oleh peserta didik, akan lebih bermakna sehingga materi pembelajaran dapat lebih tersampaikan secara efektif. Model pedagogis yang dapat memberikan proses pembelajaran bermakna adalah melalui penggunaan model pedagogis konstruktivistik yang berdasar pada teori belajar konstruktivisme radikal maupun sosial. Untuk mencapai pembelajaran dengan iklim ‘konstruktivistik’ diperlukan sejumlah strategi pembelajaran. Tidak ada satupun strategi pembelajara terbaik, yang dapat diterapkan untuk segala kondisi, sehingga berbagai strategi pembelajaran dapat digunakan asalkan berprinsip pada aspek-aspek  dasar yang telah disebutkan sebelumnya. Online learning sebagai suatu mode penyampaian informasi tidak hanya memerlukan strategi pembelajaran yangefektif saja, tetapi juga harus bisa bersinergi dengan komponen teknologi belajar, serta model pedagogis. Ketiganya harus disusun dalam kerangka integratif dengan tetap meperhatikan konteks sosial dan kultural.

1 komentar:

  1. Manfaat dari penggunaan website eLearning sangat beragam dan signifikan. Dari akses global hingga efisiensi biaya dan pengembangan karir yang terukur, platform ini tidak hanya mengubah cara kita mendekati pendidikan, tetapi juga membuka pintu bagi inovasi dan inklusivitas dalam pembelajaran.

    fungsi website eLearning membentuk dasar dari transformasi pendidikan digital. Dari memberikan akses global dan kenyamanan belajar kapan saja, di mana saja, hingga memfasilitasi interaktivitas dan kolaborasi, website eLearning menjadi kekuatan utama dalam membentuk pendidikan masa depan.

    Kelebihan website eLearning membawa pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Dari akses tanpa batas hingga fleksibilitas dalam menyajikan materi pembelajaran, platform ini mengubah cara kita memandang pembelajaran.

    ReplyDelete