Pages

Saturday, December 8, 2012

Tutorial Flash Dasar : Membuat Tombol/Button


Tutorial Flash Dasar
(membuat Button/tombol)
Berikut ini langkah-langkah untuk membuat tombol yang kemudian akan di link ke scene lainnya:
1.   Pertama, buka program macromedia flash, dan create new “flash document”.
2. Kemudian buat tombol, bisa menggunakan shape (lingkaran/kotak) atau pun menggunakan icon-icon yang dapat di cari di www.google.com. Jika menggunakan kotak, dapat dipilih tools “rectangle”. Untuk membentuk sisi-sisi kotak agar tidak lancip, dapat kita setting pada tools paling bawah yaitu setelah kita klik rectangle tools, carilah tools “set corner radius” di pojok bawah. Dapat kita setting 20 atau 30, seperti gambar dibawah ini :


Kemudian gambar rectangle dengan dragg mouse, hingga membentuk seperti
dibawah ini :

 
3. Kemudian gunakan selection tools (select semua bagian dengan membentuk kotak hingga tercakup semua bagian), klik kanan pada kotak tersebut kemudian pilih “convert to symbol”.


Convert to “button”. Kemudian OK.


 4.  Setelah berhasil, akan muncul lingkaran kecil ditengah kotak yang kita buat.


5.  Klik 2x pada lingkaran kecil tersebut, hingga kita masuk dalam “symbol 1”, seperti ini tampilannya : (terdapat layer 1 yg berisi: Up, Over, Down, dan Hit)


6.  Maksud dari Up adalah penampakan tombol pertama, sedangkan Over adalah keadaan ketika pointer menyentuh bagian tombol. Sedangkan Down, adalah penampakan button saat kita meng-klik tombol tersebut.

7.  Sehingga untuk membedakan, dapat kita ganti warna pada tiap-tiap over dan down. Misalnya pada over (setelah insert keyframe) saya ganti menjadi warna hijau.


Dan pada down, saya ganti lagi menjadi biru.
 

8. Selanjutnya, insert new layer. Untuk menambahkan kalimat pada button tersebut (di frame “Up”).


9.  Button/tombol sudah siap digunakan. Kembali lagi ke ‘scene 1”. Dan tekan ctrl+enter untuk melihat.







0 komentar:

Post a Comment