Pages

Thursday, June 21, 2012

contoh Penulisan Naskah Audio Pembelajaran



NASKAH VIDEO PEMBELAJARAN

IDENTIFIKASI PROGRAM VIDEO

1. Mata Pelajaran : Matematika
2. Topik Pokok Bahasan : Macam-macam Satuan Berat
3. Judul Program : Belajar Satuan Berat Bersama Domba ‘Son’
4. Tujuan Pembelajaran :
Tujuan Umum : Siswa memahami konsep berat.
Tujuan Khusus : Siswa dapat memahami konsep satuan berat dalam implikasi kehidupan sehari-hari.
5. Sasaran/audience : Siswa SD Kelas 3
6. Format Program : Feature
7. Durasi : 15 menit
8. Penulis Naskah : Sella Mawarni
9. Pengkaji Materi : Guru Matematika SD
10. Pengkaji Media : Sungkono, M.Pd
11. Pokok-Pokok Materi : Penjelasan Satuan Berat
Contoh Soal Nyata dan Pembahasan
Quiz dan Pembahasan
Kesimpulan
SKENARIO
(JUDUL: BELAJAR SATUAN BERAT BERSAMA DOMBA ‘SON’)



LS, PAN to TILT
Suasana Taman tempat bermain domba ‘Son’, seperti sedang mencarinya.

Tiba-tiba tokoh Domba ‘Son’ muncul di layar dengan menggendong tas ransel menyapa adik-adik.






Kemudian berjalan-jalan di taman dan tidak sengaja bukunya terjatuh. Buku tersebut merupakan buku yang berjudul Matematika.
CU : MATEMATIKA

DISOLVE

Logo UNY
Mempersembahkan :

VIDEO PEMBELAJARAN
BELAJAR SATUAN BERAT BERSAMA DOMBA ‘SON’

Penulis Naskah : Sella Mawarni

SELAMAT BELAJAR SOUND OPENING




DOMBA SON:
Hai adik-adik...
Apa kalian siap belajar matematika dengan ku?
ADIK-ADIK (FX):
Ya.. kami siap
DOMBA SON :
Oke... mari kita belajar matematika.. hahaha






MUSIK PENYELING :
MUSIK INSTRUMENT
02. DISOLVE
Presenter sedang berada di pasar, sedang berbelanja keperluan sayur-mayur dan buah untuk memasak. Sebelumnya, buah dan sayur tersebut ditimbang oleh pedagang yang berjualan. Kemudian setelah mendapatkan keperluannya, presenter menyapa pemirsa.






CUT :
MACAM-MACAM SATUAN BERAT
DAN PENERAPANNYA
CUT :
CU :
Presenter berada di ruang belajar (ruang kelas)



PRESENTER :
Selamat pagi adik-adik.. pasti adik-adik sudah sering ya, melihat ibu atau bahkan ikut ibu untuk berbelanja di pasar? Saat ibu membeli sayur-mayur ataupun buah-buahan, pasti sebelumnya akan ditimbang oleh penjual sesuai dengan yang dibutuhkan oleh ibu. Nah.. apakah adik-adik sudah memahami konsep satuan-satuan berat?
Nah adik-adik...
Hari ini kita akan membahas tentang..

Macam-Macam Satuan Berat Dan Penerapannya.


PRESENTER :
Hari ini, kita akan belajar bersama Domba ‘Son’ (INSERT) yang akan menemani adik-adik belajar.
Tetapi sebelumnya kakak akan menjelakan terlebih dahulu tentang konsep satuan berat.

03. DISOLVE
Tulisan Pengertian satuan berat. Dan
Gambar tangga satuan berat, dan domba ‘Son’.
Domba ‘Son’ naik anak tangga. Diikuti keterangan X10 untuk setiap anak tangganya.
Domba ‘Son’ turun anak tangga. Diikuti keterangan :10 untuk setiap anak tangganya.

DISOLVE
Presenter menegaskan pemahaman adik-adik. PRESENTER :
Satuan berat merupakan ????? pengertian
Satuan berat terdiri dari .....
Setiap naik satu anak tangga berarti di kali kan 10.
Sebaliknya, apabila turun satu anak tangga berarti di bagi 10.

Jadi, contoh : apabila ...kg= ...hg, dsb.
PRESENTER :
Bagaimana adik-adik, apakah sudah dapat memahami konsep satuan berat?
Baiklah untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh dari domba ‘Son’..

04. LS :
Domba ‘Son’ sedang membawa timbangan ke arah kandang domba.
Saat tiba di kandang domba, teman-temannya sedang ribut mempeributkan pembagian jerami.
Di kandang sudah ada tumpukan jerami yang berukuran besar yang akan dibagikan kepada teman-temannya secara merata.
Teman-teman domba son, sudah tidak sabar ingin memakan jerami tersebut.
CU :
Domba son menghitung jumlah teman-temannya. Yang ternyata total jumlahnya ada 10.

CUT PRESENTER :
Domba Son, pergi ke kandang domba dengan membawa timbangan yang akan digunakan untuk menimbang berat jerami, yang kemudian akan dibagikan kepada semua temannya.

FX : SUARA GADUH DI KANDANG DOMBA



TEMAN-TEMAN DOMBA SON :
(SETIAP YANG DITUNJUK SAAT DIHITUNG) mbeekk..
05. LS :
Domba Son dan teman-temannya menimbang total berat jerami tersebut.
CU :
Pada timbangan berat, muncul angka 5 kg yang menunjukkan berat jerami.



GROUP SHOOT :
Domba Son memiliki ide, karena di kandang domba ada satu lagi timbangan berat dengan satuan dag. CU : timbangan dengan satuan dag.

Visualisasi domba son (TURU TANGGA SATUAN BERAT) yang menunjukkan di kalikan 100. Sehingga 5 kg X 100 = 500 dag.
500 dag : 10 domba = 50 dag
DISOLVE


FX :
5 kali dentingan

PRESENTER :
Jadi Berapakah bagian masing-masing yang didapatkan oleh teman-teman domba Son?


Karena domba Son memiliki timbangan dengan satuan dag. Maka terlebih dahulu kita merubah satuan kg ke dag.

PRESENTER :
Jadi masing-masing domba mendapat bagian sebanyak 50 dag jerami.
06. LS :
Domba Son dibantu teman-temannya membagi dan menimbang jerami tersebut, seberat 50 dag per masing-masing domba.
GROUP SHOOT :
Timbangan yang menunjukkan berat jerami sudah mencapai 50 dag.
Satu persatu domba diberikan bagiannya. CUT
Sampai pada domba terakhir, sekaligus jerami yang tersisa terakhir. Dan domba Son tersenyum bangga, karena telah menyelesaikan masalah teman-temannya. PRESENTER :
Akhirnya bagian tersebut sudah dibagi secara merata, dan masing-masing mendapat begian seberat 50 dag.
07. LS :
Presenter sedang berada di ruangan.

DISOLVE PRESENTER :
Nah.. adik-adik, bagaimana?
Apakah kalian sudah sedikit paham?
Baiklah, akan kakak ulangi pembahasan soal tadi..
08. Gambar pembahasan soal :
Gambar jerami yang dibawahnya terdapat keterangan seberat 5 kg dan diberi anak panah ke 10 teman domba Son.
CUT :
Gambar tangga satuan berat, serta tulisan 5kg yang akan diubah menjadi ..dag. dan domba son menuruni tangga dari kg ke dag, sebanyak 2 anak tangga, yang berarti dikali 100.
CUT


Gambar jerami yang terbagi menjadi 10 bagian kemudian dibagikan kepada seluruh domba. Serta setelah semuanya dapat, kemudian semua bagian domba-domba tersebut dijumlah menjadi satu (50 Dag+50 Dag+...., dst = 500 Dag
500 Dag = 5kg)
PRESENTER :
Ada jerami seberat 5 kg, yang akan dibagikan kepada 10 domba.



Nah untuk mengetahui pembagian yang di dapat masing-masing domba. Maka kita harus mengubah satuannya terlebih dahulu menjadi satuan dag.
dari Kg ke Dag, ternyata turun 2 anak tangga, sehingga 5 Kg harus dikalikan 100 agar menjadi 500 Dag.

Jadi bagian yang diterima masing-masing domba adalah seberat 50 dag.
Sehingga apabila kita jumlah semuanya akan seberat 500 Dag. Dan setara dengan berat 5 Kg.
09. CU
Presenter bertanya pada adik-adik di rumah.
DISOLVE PRESENTER :
Baiklah adik-adik di rumah. Mari kita lihat contoh soal yang lain ya?..
10. LS
Domba Son sedang berjalan ke arah kandang domba. Melihat teman-temannya sedang mengumpulkan bulu domba untuk disetor kepada pemilik peternakan.
LS
Salah satu temannya, sedang mencukur bulunya, dan setelahnya dikumpulkan dalam kotak berukuran besar (CU).
Tanda tanya diatas kepala domba Son. PRESENTER :
Domba Son, sedang berjalan ke kandang domba, untuk melihat teman-temannya. Rupanya mereka sedang mengumpulkan bulu domba untuk diberikan kepada sang pemilik peternakan.
Bulu-bulu tersebut dikumpulkan dari masing-masing domba yang dicukur, dan dijadikan satu dalam kotak besar.
Pertanyaannya adalah, berapa berat semua bulu domba tersebut?
11. Animasi teman-teman domba Son, ada 10 teman yang masing-masing menyerahkan bulu domba yang dimasukkan ke dalam kotak besar.
Slide gamba 10 domba yang masing-masing menyerahkan =
850 gr+ 1 kg+ 20 hg+ 900 gr+ 2 kg+ 1,5 kg+ 500 gr+ 1,5 kg+ 600 gr+ 1 kg.





CUT PRESENTER :
Untuk mengetahui total keseluruhan berat bulu domba tersebut dalam kg. Terlebih dahulu kita harus mengetahui berat masing-masing bulu yang disetorkan ke dalam kotak besar.
Ke-10 domba tersebut menghasilkan bagian, seperti yang telah tertera pada gambar.
Domba 1(850 gr)+ Domba 2(1 kg)+ Domba 3 (20 hg)+ Domba 4(900 gr)+ Domba 5 (2 kg)+ Domba 6(1,5 kg)+ Domba 7(500 gr)+ Domba 8(1,5 kg)+ Domba 9 (600 gr)+ Domba 10(1 kg)
12. Gambar domba Son dengan tanda tanya yang besar. PRESENTER :
Nah adik-adik, jadi berapa kg total kesemua bulu domba tersebut?
13. 850 gr+ 1 kg+ 20 hg+ 900 gr+ 2 kg+ 1,5 kg+ 500 gr+ 1,5 kg+ 600 gr+ 1 kg=....kg?
850 gr = 850 : 1000 = 0,85 kg
(INSERT) gambar tangga satuan berat setiap masing-masing berat bulu domba.
1 kg = 1 kg
20 hg = 20 : 10 = 2 kg
900 gr = 900: 1000 = 0,9 kg
2 kg
1,5 kg
500 gr = 500: 1000 = 0,5 kg
1,5 kg
600 gr = 600 : 1000 = 0,60 kg
1 kg
Dijumlah = 11 kg PRESENTER :
Untuk menjawab pertanyaan tersebut. Terlebih dahulu kita menyamakan satuan masing-masing berat menjadi satuan kg.
Setelah semuanya sama dalam satuan kg, maka kita tinggal menjumlahkan kesemua hasil masing-masing domba.
Jadi berat ke-10 bulu domba yang didapatkan adalah seberat 11 kg.





Mudah kan adik-adik?
14. LS
Presenter menyapa adik-adik di rumah PRESENTER :
Nah adik-adik..
Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman adik-adik. Kakak dan Domba Son, mempunyai kuis yang akan dikerjakan oleh adik-adik. Adik-adik akan diberi waktu 15 detik untuk berhitung. Setelah itu, domba Son akan membahas jawaban yang benar.
Setuju adik-adik?
FX ADIK-ADIK DI RUMAH : Setuju..
15. QUIZ..
Ibu membeli 3 kg tepung terigu, 1 kg gula pasir, 900 gram mentega, dan 1,5 kg telur untuk membuat adonan kue yang akan dibagikan kepada 4 anaknya untuk dibentuk sesuai selera masing-masing anaknya.

Pertanyaan 1 :
Berapa hg berat seluruh adonan, yang telah dicampur tepung, gula, telur dan mentega?
Pertanyaan 2 :
Berapa hg bagian yang di dapat oleh masing-masing anaknya (4 orang)?
PRESENTER :
Soal cerita sebagai berikut :
Ibu membeli 3 kg tepung terigu, 1 kg gula pasir, 900 gram mentega, dan 1,5 kg telur untuk membuat adonan kue yang akan dibagikan kepada 4 anaknya untuk dibentuk sesuai selera masing-masing anaknya.
Pertanyaan 1 :
Berapa berat seluruh adonan, yang telah dicampur tepung, gula, telur dan mentega?
Pertanyaan 2 :
Berapa bagian yang di dapat oleh masing-masing anaknya (4 orang)?

16. CREDIT TIME (20 detik) dimulai saat presenter memulai hitungan.
Gambar Tangga satuan Berat. PRESENTER :
Baiklah, untuk pertanyaan tersebut adik-adik akan diberi waktu 20 detik.
Silahkan siapkan alat tulis adik-adik..
PAUSE (2 Detik)
Ya.. silahkan, selamat mengerjakan.
FX DETIK-DETIK
17. LS presenter PRESENTER :
Baiklah, adik-adik.. waktunya sudah habis. Apakah adik-adik sudah menemukan jawabannya?
Yuk, sama-sama mencocokkan jawaban adik-adik.
18. Gambar baskom besar untuk menampung semua adonan kue.
Pertanyaan 1
3 kg tepung terigu = 30 hg
1 kg gula pasir = 10 hg
900 gram mentega = 9 hg
dan 1,5 kg telur = 15 hg

= 30 hg+10hg+9hg+15hg
= 64 hg. PRESENTER :
Jawaban untuk pertanyaan yang pertama :
3 kg tepung terigu = 30 hg, Benar ?
FX : BENAR
1 kg gula pasir = 10 hg Benar ?
FX : BENAR
900 gram mentega = 9 hg Benar ?
FX : BENAR
dan 1,5 kg telur = 15 hg Benar ?
FX : BENAR
Jadi hasilnya berapa adik-adik?
FX ANAK-ANAK MANJAWAB : 64 Hg
19. LS Presenter PRESENTER :
Apakah jawaban adik-adik sependapat dengan jawaban yang telah dibahas?
Bagaimana dengan pertanyaan 2?
Mari kita simak penjelasannya.
20. Pembahasan Pertanyaan 2
Total semua adonan kue = 64 Hg
64 Hg : 4 orang
= 16 Hg PRESENTER :
Total semua adonan kue = 64 Hg
Sedangkan akan dibagi untuk ke-4 anknya. Sehingga adonan tersebut dibagi 4.
Jadi bagian yang diterima masing-masing anak adalah seberat 16 Hg.
Bagaimana jawaban kalian?
21. LS Presenter PRESENTER :
Wah, setelah mengerjakan quiz tadi.. ternyata adik-adik sudah menguasai konsep satuan berat.
Sekarang apa saja yang telah adik-adik dapatkan dari belajar satuan berat?
22. Rangkuman :
Berat adalah ...
Satuan berat terdiri dari....
(INSERT) TANGGA SATUAN BERAT
Setiap turun satu tangga, X10
Setiap turun naik tangga, : 10 FX SUARA ANAK-ANAK MEMBACAKAN RANGKUMAN :
Berat adalah ...
Satuan berat terdiri dari....
Setiap turun satu tangga, X10
Setiap turun naik tangga, : 10
23. LS Presenter
CREDIT TITLE (BOTTOM) PRESENTER :
Nah, adik-adik..
Pembelajaran hari ini, kakak sudahi dulu ya..
Tapi, ingat! Untuk selalu berlatih dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Sampai jumpa...
24. Gambar buku matematika domba Son. Diambil oleh domba son. Dan di bawa pergi.
LOGO UNY
CLOSING SOUND

















SINOPSIS
BELAJAR SATUAN BERAT BERSAMA DOMBA ‘SON’

Program Video Pembelajaran ini membahas mengenai satuan berat yang diawali dengan pengertian serta konsep masing-masing satuan. Siswa kadang sulit menangkap konsep tangga satuan berat. Untuk mempermudah penalaran siswa mengenai konsep-konsep tersebut, maka dalam pembahasan akan melibatkan tokoh ‘Son’ si domba untuk mengilustrasikan serta mengkonkritkan pemahaman siswa. Dalam program video feature ini, akan dimulai dengan penjelasan dan pembukaan oleh presenter. Setelah presenter menjelaskan dan memperkenalkan ‘Son’ si domba, dilanjutkan pada contoh penerapan materi berdasarkan konsep masing-masing satuan. Dalam penjelasan tangga masing-masing satuan berat, ‘Son’ si domba akan memandu adik-adik dalam menjelaskan konsep beserta contoh pembahasan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menilai daya tangkap adik-adik setelah penjelasan tersebut, ‘Son’ si domba akan memberikan quiz untuk masing-masing soal dan memberikan waktu untuk menjawab soal-soal tersebut. Quiz tersebut, akan dijelaskan jawabannya kepada adik-adik oleh presenter dengan model ‘Son’ si domba (sebagai alat peraga soal).
Demikian gambaran mengenai garis besar isi program video pembelajaran satuan berat bersama domba ‘Son’.


















TREATMENT
(BELAJAR SATUAN BERAT BERSAMA DOMBA ‘SON’)

01. Opening
Program ini dimulai dengan tampilnya menampilkan icon ‘Son’ si domba yang sedang membawa tas ke sekolah, kemudian bukunya terjatuh. Buku tersebut berjudul MATEMATIKA yang di CU dan ZOOM IN sebagai judul pembahasan mapel program video ini dan logo UNY diiringi tulisan judul “Belajar Satuan Berat Bersama Domba ‘Son’.
02. Presenter yang awalnya berada di pasar, kemudian menyapa adik-adik dengan bahasa yang ramah dan bersahabat. Memperkenalkan diri dan memperkenalkan ‘Son’ si domba (INSERT) , yang akan membantu adik-adik.
03. LS to MS: Presenter menjelaskan konsep yang disebut dengan berat, serta satuan dari masing-masing ukuran. Dalam penjelasan tangga satuan tersebut, ‘Son’ si domba akan memperagakan naik turunnya tangga sebagai pergantian dari satuan yang satu ke yang lainnya.
04. Presenter mengalihkan pembahasan pada contoh yang akan dibawakan oleh ‘Son’ si domba.
05. LS to MS : ‘Son’ si domba sedang berjalan-jalan menuju kandang domba. Kemudian ditemuinya, teman-temannya sedang mempeributkan sesuatu.
06. LS : ‘Son’ si domba membawa timbangan untuk mengukur bahan makanan yang kemudian akan dibagikan kepada teman-temannya sebagai contoh penerapan satuan berat.
07. Presenter menegaskan pembahasan soal tersebut kepada adik-adik.
08. LS to MS : domba Son menuju kandang domba untuk menimbang seluruh bulu domba yang akan diserahkan kepada pemilik peternakan.
09. Di kandang domba tersebut timbul permasalahan untuk menghitung total keseluruhan berat bulu-bulu domba tersebut dalam satuan kg.
10. Presenter menegaskan pembahasan soal tersebut kepada adik-adik.
11. ‘Son’ si domba mempunyai permasalahan yang ditanyakan oleh teman-temannya yang lain, mengenai berat. Soal ini sebagai quiz untuk adik-adik.
12. Pause diiringi hitungan selama 20 detik (CREDIT TIME)
13. Presenter menjelaskan serta membimbing pembahasan quiz yang akan diilustrasikan oleh ‘Son’ si domba.
14. Closing
Presenter menutup program dengan memberikan kesimpulan dan ajakan untuk selalu gemar belajar matematika. Diiringi credit title di bagian bawah layar dan caption “Sampai Jumpa Lagi” disertai musik penutup.

0 komentar:

Post a Comment