Pages

Tuesday, May 24, 2011

chapter 5 : Komputer dan multimedia


Chapter 5 : Komputer dan Multimedia
Perkembangan teknologi, membuka kesempatan bagi pebelajar untuk dapat mengakses sumber-sumber belajar selain dari guru dan buku saja. di jaman sekarang pun telah banyak software-software yang khusus diciptakan untuk keperluan belajar peserta didik.  Dari software-software pembelajaran di komputer dan penggunaan fasilitas browsing, dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa untuk berekplorasi di lingkungan yang menyediakan banyak sumber belajar. Adapun peranan komputer dan multimedia dalam pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu:
1.  Alat memperoleh Informasi. Penggunaan komputer dapat membantu pengolahan informasi dan data menjadi lebih mudah dan efisien.
2.  Alat Grafis. Dengan media  komputer dan multimedia, dan dilengkapi dengan software grafis yang memadai akan mendukung dan mempermudah pembelajaran dengan gambar-gambar yang digital yang telah disediakan oleh software grafis.
3.  Alat mengembangkan Kreativitas. Dengan banyak pilihan software-software yang mampu mengembangkan aspek kreativitas siswa, dan dikemas dalam media digital yang menarik, siswa akan lebih tertarik untuk mempelajarinya.

Manfaat Penggunaan Multimedia dan Komputer dalam Pembelajaran
a.   Dengan penggunaan multimedia dan komputer, siswa dapat memperoleh control atas dirinya sendiri, sehingga mampu meningkatkan reinforcement (penguatan) pada diri siswa.
b.   Komputer dan multimedia dapat digunakan sebagai media untuk peserta didik yang berkebutuhan khusus.
c.   Komputer sebagai media yang lebih memberikan pendekatan secara individu terhadap siswa, sehingga pendidik dapat memoitor kemajuan peserta didiknya.
d.   Penggunaan komputer dan multimedia dapat mempermudah dalam pengolahan informasi yang beraneka ragam, baik tulisan, grafik, audio, dan video.
e.   Pengalaman yang beragam dan berbeda.
f.    Salah satu media yang mengembangkan aspek partisipasi pebelajar yang terangkum dalam salah satu langkah pada ASSURE model.

Kelemahan pada penggunaan komputer dan multimedia
a.   Hak cipta penggunaan program komputer.
b.   Ekpektasi yang terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan realita.
c.   Terlalu kompleks, sehingga memungkinkan ditemukan beberapa kesulitan bagi beberapa siswa.
d.   Sistem yang kurang memadai.

Pada dasarnya penggunaan komputer dan multimedia dalam pembelajaran dapat membantu peserta didik dalam hands-on experience, sedangkan manfaat bagi pendidik adalah adanya kemudahan dalam mengelola bahan ajar.

0 komentar:

Post a Comment