Pages

Wednesday, March 16, 2011

ASSURE model dalam Pembelajaran

Analyze learner
Prosesnya meliputi : (menganalisis pebelajar) seperti karakteristik umum, kemampuan awal dan gaya belajar pebelajar. Pada gaya pembelajar ada beberapa faktor yang mempengaruhi karakteristik pembelajar, yaitu :
  • kecerdasan ganda yang dikemukakan oleh H. Gardner
  • kebiasaan memproses informasi
  • kemampuan belajar siswa (tipe-tipe belajar) yang meliputi auditory, visual dan kinestetik
  • motivasi
  • faktor psikologi, dan
  • pengukuran gaya belajar

State Objectives
(merumuskan tujuan pembelajaran dengan rumusan baku ABCD yaitu Audience, Behavior, Conditions, Degree)

  • Audience, pembelajaran berfokus pada bagaimana pembelajar memahami dan mengerti setelah pembelajaran disampaikan oleh guru.  
  • Behavior, kebiasaan siswa dalam pembelajaran
  • Condition, dalam pembelajaran seharusnya memperhatikan kondisi pembelajaran agar dapat mendukung proses pembelajaran
  • Degree, persyaratan terakhir untuk menjadi sebuah proses belajar mengajar yang baik adalah mengindikasikan atau menentukan kriteria untuk siapa materi pembelajaran itu dan bagaimana menyesuaikan dengan memperhatikan tingkatan nya

Select Strategies, technology, and materials
Media and Material (memilih metode, media dan bahan ajar). Beberapa metode yang dianjurkan untuk digunakan adalah belajar berbasis masalah dan belajar proyek. tahapan dalam memilih antra lain dimulai dengan  
  1. Memilih stategi, apakaah akan menggunakan teacher centered atau student centered learning.
  2. Memilih teknologi dan Media, memilih media yang sesuai dan teknologi yang sesuai dengan karakteristik pembelajar.
  3. Memilih, memodifikasi atau mendesain meterial, langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • memilih material (bahan belajar) yang ada 
  • memodifikasi bahan belajar yang ada
  • mendesain materi yang baru 

Utilize Media and Material
(menggunakan media dan bahan ajar). Mengajukan rumus 5P yaitu Preview the materials (kaji bahan ajar), Prepare the materials (siapkan bahan ajar), Prepare Environment (siapkan lingkungan), Prepare the learners (siapkan pebelajar), Provide the learning experience (tentukan pengalaman belajar)

Require Learner Participation

(mengembangkan peran serta pebelajar). Menurut Dewey, peranserta pebelajar adalah hal terpenting dalam KBM. Gagne berpendapat bahwa belajar efektif dapat terjadi jika pebelajar dilibatkan dan memiliki peranserta didalamnya.

Evaluate and Revise
(menilai dan memperbaiki). Menilai dan memperbaiki hasil belajar, penilaian portofolio dan penilaian KBM. dalam menilai dan memperbaiki ada dua tujuan:
  1. menilai prestasi pembelajar. (penilaian authentic/asli , penilaian fortofolio, trdisional vs elektronik fortolio)
  2. menilai dan memperbaiki strategi, teknologi dan media. (evaluasi dari segi guru, dan memperbaiki strategi, teknologi dan media yang digunakan)

1 komentar:

  1. ini menurut pemahaman saya... saya menulis ini juga sambil ngantuk dan capek.. jadi kalo ada yang salah mohon di maafkan..hehhe

    ReplyDelete