Pages

Saturday, February 26, 2011

chapter 1 instructional technology and media in learning


ChAPTER 1 dari buku Smaldino yang berjudul "instructional technology and media in learning"
ª      TEKNOLOGI
Berasal dari bahasa Yunani technologia yaitu techne yang berarti ketrampilan, dan logia yang berarti mengatakan. Teknologi dapat dikelompokkan menjadi low tech, medium tech, dan high tech. Low tech tidak perlu baterai contoh : kaca pembesar. Medium tech, menggunakan listrik contoh : mini-booklight. High tech, termasuk penggunaan komputer.
ª      MEDIA
Berasal dari bahasa Latin “medium”. Ada 6 kategori/jenis dari media : text; audio; visuals; video; manipulatives (object); dan people. Atau dalam bahasa indonesia disingkat dengan POBALT (Pesan; Orang; Benda; Alat; Lingkungan; dan Teknik).
Text, adalah alfanumerik yang mungkin di didisplay dalam berbagai format-buku, poster,papan tulis, layar komputer, dll. Audio meliputi semua yang dapat didengar, contoh : musik,dll. Visuals, termasuk diagram; grafik di buku; kartun dll. Video, meliputi gerakan yang termasuk di DVD, vidoetape, animasi komputer dll. Manipulatives (object) merupakan tiga dimensi yang dapat disentuh dan dipegang oleh siswa. People, meliputi guru; siswa; atau ahli mata pelajaran dll.
ª      FORMAT MEDIA
Setiap jenis media memiliki kekuatan dan batasan dalam pesan  yang direkam dan ditunjukkan. Memilih format/jenis media merupakan tugas yang sulit. Semua faktor harus dipertimbangkan, termasuk luas cakupan media dan teknologi yang tersedia; variasi dari pembelajar; dan banyak objek yang dikejar.
Dalam memilih format media, situasi pembelajaran atau pengaturan, variabel pebelajar dan sasaran harus dipertimbangkan sebaik mungkin sesuai dengan kemampuan dari masing-masing media.
ª      RANGKAIAN KONKRET-ABSTRAK
Kerucut pengalaman Edgar Dale yang mengatakan bahwa dimulai dari pengalaman yang dialamai secara nyata, ke belajar mengamati kejadian nyata yang pada akhirnya hanya mengamati simbol yang menampilkan kembali suatu kejadian.
ª      PEMBELAJARAN
Anda dapat membuat teknologi dan media yang paling efektif jika anda memiliki pengetahuan dasar tentang bagaimana siswa belajar. Teknologi dan media pembelajaran menyediakan peralatan untuk meningkatkan pembelajaran siswa. Sebagai guru harus memilih media dan teknologi dalam pembelajarn  yang tepat.
Ñ       Tipe pembelajaran
ü  Kognitif domain
ü  Affective domain
ü  Psikomotor domain
ü  Interpersonal domain
Ñ       Perspekif psikologi dalam pembelajaran
·         Perspektif behavioristik
·         Perspektif kognitif
·         Perspektif konstruktivistik
·         Perspektif sosio-psikologi

0 komentar:

Post a Comment